PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN KUTIL KELAMIN

PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN KUTIL KELAMIN __ Sebelum masuk pada penjelasan tentang upaya pencegahan dan pengobatan penyakit ini, patutlah terlebih dahulu kita tahu berbagai penjelasan yang mendasari definisi tentang penyakit ini. Dalam ilmu kesehatan, kutil kelamin dikenal sebagai salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum. Penyebabnya adalah salah satu jenis virus bernama Human Papilloma Virus (HPV), penyakit ini juga berbeda dengan pertumbuhan kutil lainya yang terjadi pada tangan atau kaki. Ukuran dari Kutil pada penyakit ini juga bervariasi, dari yang hampir tak terlihat hingga berukuran besar.

Untuk gejala penyakit ini terkadang juga tak langsung dapat terlihat dengan mata telanjang, meskipun  virusnya akan tetap aktif selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah penderita melakukan kontak seksual yang beresiko. Dengan tidak sadarnya orang yang terinfeksi maka bisa juga dengan mudah menularkan virus ini kepada orang lain. Gejala dari penyakit ini terkadang juga tidak menyakitkan atau terlalu signifikan mempengaruhi kesehatan penderita, tapi tentu saja dengan mengidap penyakit ini dapat membuat kondisi yang dialami penderita pada organ vitalnya tidak sedap dipandang mata bahkan sampai pada permasalahan antara pasangan seksual. Jika penderita penyakit ini adalah wanita, bahkan dapat sangat beresiko untuk menimbulkan penyakit berbahaya lain seperti kanker serviks.

Beberapa gejala dari penyakit ini dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Terkadang rasa sakitnya dan gejala lain tidak terdeteksi.
  2. Ukuran dari kutil bisa sangat kecil atau besar dengan penampilan seperti kembang kol.
  3. Kutil selalu terbentuk di sekitar daerah genital atau anus.
  4. Kutil sering terbentuk pada vulva (lipatan genital luar) pada wanita dan pada penis pria.
  5. Kutil tidak menyebabkan rasa sakit
  6. Dokter dapat memverifikasi apakah benjolan dicurigai sebagai pertumbuhan kutil kelamin setelah ujian visual.

Untuk pencegahan penyakit ini tentunya penderita harus menghindari berbagai aktifitas seksual tak aman dan tak sehat yang menjadi faktor penyebab utamanya. Selain juga harus selalu waspada untuk melakukan hubungan seksual atau kontak kulit dengan orang yang belum diketahui mengenai riwayat penyakitnya.

Sedangkan untuk mengobati penyakit ini secara umum terdiri dari pengobatan medis dan altermatif. Untuk pengobatan medis, beberapa metode yang biasa diterapkan oleh dokter adalah dengan Swabbing cat atau krim seperti podophyllotoxin (Condyline) yang langsung dioleskan pada kutil kelamin. Prosedur bedah, diperlukan dalam beberapa kasus lanjutan dengan menggunakan perawatan laser. Pasien ditempatkan di bawah anestesi lokal. Pembekuan (cryotherapy) menggunakan nitrogen cair.

Beberapa tindakan pengobatan medis yang sudah disebutkan ini rata-rata berbiaya mahal dan rentan akan efek samping, sehingga akhirnya banyak penderita yang mencoba metode pengobatan lain. Diantara metode pengobatan lain tersebut yang cukup efektif adalah pengobatan herbal. Obat herbal ini terbuat dari bahan alami sehingga efek samping seperti menggunakan bahan kimia tidak perlu dirasakan oleh penderitanya, selain itu biaya untuk mendapatkan obat herbal ini juga lebih murah.


PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN KUTIL KELAMIN

Posting Komentar